Iklan

Kerja Ke Malaysia, KANA Himbau Masyarakat Jangan Terkecoh

REDAKSI
3/05/20, 15:45 WIB Last Updated 2020-04-02T14:52:45Z
Abu Saba bersama pengurus KANA di Malaysia


NOA | KUALA LUMPUR - Lembaga Kesatuan Aneuk Nanggro Aceh (KANA) di Kuala Lumpur, Malaysia menghimbau agar masyarakat Aceh tidak terkecoh dengan para Agen (Calo) yang menjanjikan pekerjaan di negeri Malaysia.

Hal itu diutarakan Ketua KANA, Abu Saba dan Tgk Bukhari, melalui rilis kepada media ini yang langsung dari Malaysia, Kamis (05/03/2020). Menurut Abu Saba, selama ini banyak putra putri Aceh tertipu oleh para calo yang tidak bertanggung jawab.

“Akibat dari itu, putra putri Aceh terlantar di Negeri Jiran karena termakan janji calo dan agen nakal tersebut,” sebut Abu Saba.

Mirisnya lagi, lanjut Abu Saba, banyak para orang putra putri Aceh begitu saja mengizinkan anak-anaknya bekerja ke Malaysia yang status pekerjaannya tidak jelas. “Kita menghimbau agar para orang tua jangan semudah itu mempercayai calo dan agen yang menawarkan pekerjaan ke Malaysia,” tegasnya.

Lebih lanjut Abu Saba menyebutkan, para calo dan agen hanya mementingkan keuntungan pribadinya saja tanpa mempertimbangkan resiko yang dialami anak Aceh, terutama perempuan dan anak gadis. “Sudah cukup banyak anak gadis Aceh yang terlantar di Malaysia setelah terbuai janji agen-agen nakal tersebut,” katanya.

Dijelaskan Abu Saba, kebanyak dari warga Aceh yang terlantar di Malaysia karena dijanjikan pekerjaan, tapi setiba di Malaysia para pekerja wanita tersebut dijual kepada germo-germo. “Kasihan sekali mereka, utuk itu kita harus waspada," ungkapnya.

Diakui Abu Saba, selama awal tahun 2020, pihaknya telah menyelamatkan enam orang warga Aceh di Malaysia yang menjadi korban tipuan para calo. “Ada enam orang yang sudah kita selamatkan, aiantaranya, lima orang perempuan dan satu orang laki-laki,” imbuhnya. 

Dari enam orang tersebut, lanjut Abu Saba, pihaknya di bulan Pebruari 2020 lalu sudah memulangkan ke Aceh tiga orang perempuan yang jadi korban kejahatan para calo tersebut.

“Kita berharap para putra-putri Aceh, terutama orang tua yang memiliki anak gadisnya, jangan percaya kepada calo-calo yang menawarkan pekerjaan ke Malaysia,” harap Abu Saba.

Pada kesempatan itu, Abu Saba menyebutkan, jikapun berkeingian untuk bekerja ke Malaysia, disarankannya untuk pergi saja sendiri, baik dengan cara mencari kawan atau saudara sendiri yang di Malaysia.

“Intinya, jangan pernah mempecayai calo tersebut, meskipun mereka berkedok PT, CV atau apa saja. Sebab kebanyakan itu tidak jelas,” tuntas Abu Saba.(RED).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kerja Ke Malaysia, KANA Himbau Masyarakat Jangan Terkecoh

Terkini

Adsense