Iklan

Sampah Semakin Meresahkan, Pemkab Pidie Turunkan Tim

REDAKSI
3/14/20, 13:00 WIB Last Updated 2020-04-03T17:15:48Z
Tim Pemkab Sigli saat membersihkan sampah di Pasar Terpadu Sigli
NOA | SIGLI - Persoalan sampah di Pasar Terpadu Gampong Pante Teungoh, Kota Sigli, Kabupaten Pidie, yang meresahkan warga sekitar yang sempat menjadi sorotan media beberapa waktu lalu, menjadi perhatian khusus Pemkab setempat.

Bupati Pidie melalui Kadis Perindagkop & UKM Pidie, Zulkifli,ST, yang didampingi oleh Kabid Pasar, Husaini,SP mengatakan, persoalan sampah sebenarnya menjadi tanggung jawab masing-masing unit kerja yang mengelola (mengontrak).

"Persoalan sampah dikelolah oleh pengelola kontrak, seperti dalam perjanjian kontrak, antara dinas dan pihak yang dikontrakkan minsalnya Unit Pasar Ayam, Pasar Ikan dan Pasar Sayur, dalam Pasar Terpadu ini," kata Zulkifli.

Jadi, tegas Zulkifli, seharusnya mereka (pengelolaan) membersihkan unit masing-masing, kemudian sampah ditumpuk disuatu tempat yang telah disediakan. "Setelah sampah terkumpulkan, baru petugas dari DLHK akan mengambil, selanjutnya dibawa ke TPA," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Zulkifli menyebutkan, pihaknya akan memanggil pemegang kontrak di Pasar Terpadu tersebut. "Bila mereka tidak mematuhinya, akan kita  putuskan kontrak," sebutnya.

Untuk para pedagang, Zulkifli juga menyebutkan, akan mengambil tindakan tegas bila tidak mampu menjaga kebersihan disekitanya. "Pedagang yang tidak mematuhi larangan berjualan ditempat tertentu, seperti di Mushalla dan badan jalan, akan kita tertibkan," tegasnya.

Terpisah, Kadis DLHK Pidie, Safrizal yang didampingi Kasi Pengolahan Sampah, Muzakkir,SP mengatakan, pihaknya siap mengerahkan petugas untuk mengangkut sampah Pasar dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Khusus sampah dari limbah pasar Ayam yang sudah memenuhi saluran, kita masih menunggu penyemprotan anti bau dan bakteri dari Dinkes, ini untuk menghindari kuman ataupun berbagai penyakit, barulah kita angkut," terang Kadis DLHK Pidie. 

Pantauan m.Noa.com, Unit Pasar Ayam kini mulai bersih, setelah turunnya Tim Terpadu ke lokasi pasar tersebut. Terlihat sejumlah petugas kebersihan dengan menggunakan mobil truk untuk mengangkut sampah yang selanjutnya akan dibawa ke TPA.

Adapun tim yang diturunkan kelokasi Pasar Terpadu di Gampong Pante Teungoh, Sigli itu dipimpin oleh Asisten II Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan, Setdakab Pidie, Buchari, AP, M.Si.

Tim ini Beranggotakan Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Safrizal,S.STP,MEC.DEV, Kadis Perindagkop & UKM, Zulkifli,ST, dan nantinya akan dilibatkan juga Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Satpol PP.(AA)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sampah Semakin Meresahkan, Pemkab Pidie Turunkan Tim

Terkini

Adsense