Iklan

Akibat Covid-19, Harga Ikan Basah Dan Kering Dipasar Sigli Turun

REDAKSI
4/04/20, 11:00 WIB Last Updated 2020-04-04T10:46:42Z
Aktivitas di Pasar terpadu kota Sigli

NOA | Sigli - Harga ikan dipasar terpadu kota Sigli mengalami penurunan, sedangkan tangkapan ikan dari nelayan lokal di kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, terus meningkat.

Hasil tangkapan nelayan lokal yang melimpah itu tidak terangkut kedaerah lain, karena persoalan yang sama,tidak ada pesanan.


Iswandi, salah seorang pedagang ikan di Pasar Terpadu Kota Sigli, kepada media ini menuturkan, semenjak sepekan terakhir pasokan ikan di Pasar tersebut mengalami peningkatan, sedangkan harga jual ikan relatif turun.

"Sepekan terakhir banyak ikan dari kecamatan Batee, Muara Tiga dan Kembang Tanjong, membanjiri pasar, sementara pembeli berkurang," kata Iswandi, Sabtu (4/4/2020).

Biasanya, lanjutnya, kalau hasil tangkapan nelayan banyak, maka ikan akan dibawa kedaerah lain. Namun, dalam kondisi Covid-19 ini ikan-ikan tersebut tidak dibawa keluar karena tidak ada pesanan.

"Kalau pun ikannya banyak, kalau ada pembili lokal tidak apa-apa, ini ikan banyak pembeli kurang di Pasar Kota Sigli," aku Iswandi.

Selain Iswandi, pedagang ikan lain, sepeti Rahmad juga mengakui akibat dari berkurangnya daya beli masyarakat, dirinya bersama pedagang ikan lain terpaksa harus menambah modal untuk membeli es batang.

"Yang lebih menyusahkan kami, jika ikan-ikan tidak habis terjual maka kami harus menambah modal untuk membeli es batang, kalau tidak ikannya akan membusuk saat disimpan," sebut Rahmad.

Pantauan m-Noa.com, di Pasar terpadu kota Sigli, terlihat banyaknya ikan dari hasil tangkapan nelayan lokal, namun suana pasar sepi dari pembeli.

Selain ikan basah, ikan kering pun mengalami penurunan harga yang diakibatkan berkurangnya daya beli masyarakat.

Berdasarkan penelusuran, sebelum isi Covid-19 merebak, harga ikan Tongkol biasanya dijual Rp18 perkilo, saat ini dijual Rp10 perkilogramnya.

Begitu juga dengan Udang putih dari Rp95 ribu sekilo menjadi Rp55 ribu, ikan Kembung Rp27 ribu/kg, Kerapu Rp 40 ribu/kg, Kakap Rp38 ribu/kg, Bandeng Rp18 ribu/kg, Mujair Rp15  ribu/kg dan Cumi Rp35 ribu/kg.

Sementara harga ikan Kering dan Ikan Asin yang biasanya lumanyan mahal, kini juga mengalami penurunan harga, ikan teri lokal R50/kg, ikan Kepala Batu R25/kg, ikan Teri Medan Rp85 ribu/kg, Cumi kering Rp90 ribu/kg, Telur Asin Rp2.500/butir, dan terasi lokal Rp35 ribu/kg. (AA)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Akibat Covid-19, Harga Ikan Basah Dan Kering Dipasar Sigli Turun

Terkini

Adsense