Iklan

Dijadikan TPS, Warga Dan Pedagang Di Taman Kota Sigli Mengeluh

REDAKSI
4/01/20, 14:41 WIB Last Updated 2020-04-03T17:14:19Z
TPS di Taman Kota Sigli
NOA | Sigli - Taman Kota semestinya terlihat asri dan bersih, namun itu tidak terlihat di Taman Kota Tepi Kali Jalan Merdeka, Kecamatan Kota Sigli. Pasalnya, Taman yang diperuntukkan sebagai tempat istirahat dan bermain warga itu dijadikan Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Akibatnya, taman Kota yang berdekatan dengan pemukiman warga itupun terlihat kotor dan berbau tak sedap serta rawan penyakit itu pun dikeluhkan warga sekitar.

Terlebih para pedagang kami lima yang berjualan di seputar Taman Kota Sigli itu  merasa terganggu dengan keberadaan TPS tersebut.

H.Jafar yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang pangkas di kawsab itu mengaku, dirinya sudah tidak sanggup lagi mencium bau yang menyengat.

"Taman Kota dijadikan TPS ini sudah menahun, akibatnya, pelanggan kami enggan mampir, karena bau dari TPS itu," ujar Jafar.

Senada Jafar, Yudi warga sekitarpun mengakui, keberadaan TPS itu sangat menggangu perekonomian pedagang disekitar.

"Selain pemandangan yang kurang bagus, juga menimbulkan bau yang menyengat, sungguh mengganggu, masak di taman kota dijadikan tempat sampah," keluh Yudi.

Selain Jafar dan Yudi, tokoh masyarakat sekitar Taman Kota itu, Zulkarya juga menyebutkan keheranannya atas keberadaan TPS di Taman Kota itu.

"Sekarang ini kita sedang menghadapi wabah Covid-19, seluruh tempat dibersihkan dan disemprot Disinfektan, seperti yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 (GTP2 C19) dari tim terpadu TNI/Polri, namun Pemkab sendiri menumpuk sampah, malah di Taman Kota lagi," sebut Don Kuala itu.

Terpisah, Kadis DLHK Pidie, Safrizal,S.STP, MEC, DEV yang dihubungi m-Noa.com, Rabu (01/03/2020) mengakui, keberadaan TPS tersebut sudah lama.

"Memang sebebarnya tidak boleh, dan kita berencana memindahkan ketempat lain,
untuk membuat tempat khusus TPS dengan berbagai falitas pendukung," aku Safrizal.

Untuk membuat TPS yang standar itu, lanjut Safrizal, tentu butuh dana. "Dalam tahun ini tidak ada pos anggaran, ini menjadi kendala, kita akan menyampaikan kepada pimpinan," jelas singkat.

Sementara itu, Seretaris Daerah kabupaten Pidie, H. Idhami,S.Sos,M.Si, yang ditanya m-Noa.com terkait keberadaan TPS di Taman Kota itu, secara singkat menjawab, akan segera diperintah untuk memindahkan TPS tersebut.

"Segara akan kita minta untuk memindahkan TPS itu," singkat Idham.(AA).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dijadikan TPS, Warga Dan Pedagang Di Taman Kota Sigli Mengeluh

Terkini

Adsense