Iklan

Kapolres Sabang Jadi Pemateri dalam FGD Strategi Korpolairud dalam Penanganan Penyelundupan Manusia

MohdS
10/20/24, 01:59 WIB Last Updated 2024-10-19T18:59:26Z


Sabang
- upaya mengoptimalkan penanganan penyelundupan manusia di wilayah perairan Indonesia khususnya wilayah sabang, Kapolres Sabang AKBP Erwan, SH, MH, menjadi pemateri dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang bertema "Strategi Korpolairud dalam Penanganan Penyelundupan Manusia". Acara ini berlangsung di Aula Dhira Brata Polres Sabang, Mako polres sabang Jl.Perdagangan Gp.Kuta Timu Kec.Sukakarya Kota Sabang, Jum'at (18/10/2024).


Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain Komandan KP. Wisanggeni - 8005 AKBP Capt. Nyoto Saptono, S.H., M.Si (Han), Kepala Imigrasi Kota Sabang Muchsin Miralza, A.Md. Im., S.H., M.H., serta perwakilan dari KOARMADA Guskamla Mayor Laut (P) Fitriana C. Ardi, S.E., M.Tr.Opsla. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh PJU Polres Sabang, personel Polres Sabang, personel Polairud Mabes Polri, dan personel Guskamla Koarmada I Kota Sabang.


Dalam diskusi tersebut, Kapolres sabang AKBP Erwan, menekankan pentingnya kerjasama lintas sektoral dalam menghadapi tantangan penyelundupan manusia, terutama terkait antisipasi masuknya etnis Rohingya ke wilayah Kota Sabang.


"Strategi dan upaya yang kami siapkan mencakup peningkatan pengawasan di perairan, penyuluhan kepada masyarakat, serta sinergi dengan instansi terkait untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif," ungkap AKBP Erwan, dan juga menyoroti pentingnya peran aktif masyarakat dalam melaporkan aktivitas mencurigakan yang dapat berkaitan dengan penyelundupan manusia.


AKBP Capt Nyoto Saptono juga menambahkan, pihaknya telah menyiapkan strategi yang mencakup pengawasan intensif dan penegakan hukum terhadap penyelundup.“Kita harus proaktif dalam mengidentifikasi dan mencegah segala bentuk penyelundupan di perairan Indonesia, khususnya yang melibatkan manusia,” ujarnya.


Dalam kesempatan ini, para peserta FGD juga berdiskusi mengenai langkah-langkah konkret yang perlu diambil untuk meningkatkan efektivitas penanganan isu ini, termasuk penguatan kapasitas aparatur keamanan dan penyebaran informasi kepada masyarakat.


Melalui kegiatan ini, Polres Sabang menunjukkan komitmennya untuk menciptakan keamanan dan ketertiban, serta melindungi masyarakat dari praktik penyelundupan manusia yang dapat merugikan berbagai pihak. Diharapkan, kolaborasi antara Polres Sabang dengan aparat dan stakeholder lainnya dapat terus terjalin demi menjaga keutuhan dan keamanan wilayah perairan Indonesia, khususnya Sabang. ***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapolres Sabang Jadi Pemateri dalam FGD Strategi Korpolairud dalam Penanganan Penyelundupan Manusia

Terkini

Adsense