Iklan

Lampu Khas Budaya Kerawang Gayo Hiasi Jembatan Uning Aceh Tengah

MohdS
10/10/24, 13:46 WIB Last Updated 2024-10-12T10:53:23Z


Aceh Tengah
- Keterlibatan peran serta masyarakat Takengon dalam membuat ornamen lampu khas Budaya Kerawang Gayo pada jembatan menambah nilai keunikan dari Jembatan Uning.


“Kami bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk membuat desain lampu tersebut,” kata Chandra Irawan, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.2 Provinsi Aceh, Rabu (9/10/2024).


Ornamen lainnya yang juga menghiasi Jembatan Uning terdapat simbol atau ornamen bernuansa khas budaya Kerawang Gayo yang mengangkat gaya arsitektural seni dan kearifan lokal masyarakat di Kabupaten Aceh Tengah.


Kini, Jembatan tersebut menjadi salah satu objek wisata arung jeram menyusuri aliran sungai yang berada di bawah jembatan dan berswafoto.


Chandra mengatakan, Jembatan Uning yang berdiri di atas Sungai Krueng Peusangan merupakan akses lintasan utama yang menghubungkan beberapa kecamatan dan kampong, serta memberikan kemudahan akses transportasi bagi masyarakat.


“Tidak hanya itu, jembatan Uning juga dalam pembangunannya turut memperhatikan aspek-aspek keamanan agar jembatan berdiri kokoh dan tahan terhadap segala perubahan cuaca,” kata dia.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lampu Khas Budaya Kerawang Gayo Hiasi Jembatan Uning Aceh Tengah

Terkini

Adsense