Iklan

UIN Ar-Raniry Borong 3 Emas di Cabang MHQ Internasional

MohdS
9/30/24, 22:13 WIB Last Updated 2024-10-01T15:15:14Z


Padang
-  Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Kontingen UIN Ar-Raniry sukses meraih tiga medali emas pada cabang Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ) dalam ajang Seiba International Festival 2024, yang berlangsung di UIN Imam Bonjol Padang, 23-29 September 2024.


Kompetisi ini diikuti oleh 20 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia, serta delegasi dari lima negara ASEAN, yakni Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand, dan Kamboja.


Mahasiswa UIN Ar-Raniry tampil gemilang pada cabang MHQ. Uli Satria, mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir, berhasil menyabet emas untuk kategori hafalan 10 juz, disusul Muzhaffarul Haqqi dari Prodi Bahasa Arab yang merebut emas di kategori 20 juz.


Sementara itu, medali emas kategori hafalan 30 juz diraih oleh Dolly Isma Indra, mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir yang juga anggota Kepolisian Polda Aceh.


Tidak hanya di MHQ, UIN Ar-Raniry juga mencatatkan prestasi di cabang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Durar Umami, mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, meraih medali platinum dan emas di cabang ini.


Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman, menyampaikan apresiasi tinggi atas capaian para mahasiswa. Ia mengungkapkan bahwa setiap tahunnya, UIN Ar-Raniry menerima ribuan mahasiswa baru, dan ratusan di antaranya merupakan penghafal Al-Quran.


“Menurut data Pusat Studi Al-Qur’an, pada 2023 saja, terdapat lebih dari 330 mahasiswa penghafal Al-Quran di UIN Ar-Raniry. Jika dihitung keseluruhan, jumlahnya bisa mencapai ribuan,” ungkap Rektor Mujib.


Rektor juga menjelaskan bahwa Pekan Ta’aruf Qurani (PTQ), yang pertama kali digelar pada 2023, menjadi ajang mempertemukan para hafizh dan hafizah di UIN Ar-Raniry, guna mempererat silaturahmi dan membangkitkan semangat untuk bersama-sama mewujudkan UIN Ar-Raniry sebagai kampus Al-Quran.


Mujib menambahkan, program Ma’had UIN Ar-Raniry berperan penting dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Quran mahasiswa. Program ini tidak hanya membantu mereka mengasah kemampuan, tetapi juga mempersiapkan untuk bersaing di ajang-ajang internasional seperti Seiba International Festival.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • UIN Ar-Raniry Borong 3 Emas di Cabang MHQ Internasional

Terkini

Adsense