Iklan

Kodam Iskandar Muda gelar Latihan Posko 1 Korem 11/Lilawangsa

MohdS
10/26/24, 10:34 WIB Last Updated 2024-10-26T03:34:57Z


Lhokseumawe
– Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Pangdam Iskandar Muda (IM), Brigjen TNI Senmart Tonda, S.Sos., mewakili Pangdam IM Mayjen TNI Niko Fahrizal, M. Tr. (Han) meninjau pelaksanaan Latihan Posko I di Korem 011/Lilawangsa pada hari kedua latihan, Jumat (25/10/24). Latihan yang digelar oleh Kodam IM ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari Kamis, 24 Oktober hingga Sabtu, 26 Oktober 2024, bertempat di Aula Ahmad Yani, Korem 011/Lilawangsa, Lhokseumawe.


Kapoksahli Pangdam IM, Brigjen TNI Senmart Tonda, menjelaskan bahwa pada hari kedua latihan ini, para peserta dihadapkan pada simulasi penanganan konflik sosial yang mungkin muncul akibat pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Provinsi Aceh, khususnya di wilayah Korem 011/Lilawangsa.


"Latihan ini merupakan simulasi reaksi cepat dalam mengantisipasi dan menangani konflik sosial yang berpotensi terjadi. Oleh sebab itu, perlu adanya kesiapan dari komandan dan staf dalam mengambil keputusan serta tindakan di lapangan,” ujar Brigjen TNI Senmart Tonda.


Dalam latihan posko tersebut, skenario yang dijalankan menggambarkan ketidakpuasan dari salah satu kelompok pendukung pasangan calon (paslon) yang tidak terpilih, yang berujung pada aksi unjuk rasa hingga tindakan anarkis. "Kita, TNI, diberikan mandat untuk membantu pihak kepolisian dan pemerintah daerah dalam menjaga keamanan selama proses Pilkada. Ini mencakup tugas pengamanan dan kesiapan komandan serta staf dalam merespons situasi di lapangan," tambahnya.


Sebagai tim penilai latihan, Kapoksahli Pangdam IM turut didampingi Danrindam IM, Kolonel Inf Hasandi Lubis, dan para penilai lainnya dalam memantau jalannya latihan tersebut.


Latihan posko ini diikuti oleh Danrem 011/Lilawangsa, Kasrem 011/Lilawangsa, serta para Kasi dan Pasi Korem 011/Lilawangsa. Selain itu, para personel staf dan staf khusus Korem 011/Lilawangsa turut berperan aktif dalam simulasi ini sebagai pelaku latihan.


Hadir dalam kegiatan tersebut Danrindam IM Asops Kasdam IM, Kabaglat Rindam IM serta para Perwira Staf Pendamping dari Rindam IM.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kodam Iskandar Muda gelar Latihan Posko 1 Korem 11/Lilawangsa

Terkini

Adsense